> VPN PPTP pada MikroTik dengan Android - FAQs Tech
News Update
Loading...

Minggu, 05 Juli 2020

VPN PPTP pada MikroTik dengan Android


Hampir 2 bulan saya tidak menulis artikel dikarenakan banyak kesibukan duniawi yang membuat saya menjadi seperti vacum, oleh karena itu saya mencoba menyisipkan waktu untuk membuat artikel pada blog ini xD.

VPN (Virtual Private Network) merupakan cara untuk mengakses jaringan local dengan jarak dekat ataupun jauh. Banyak vendor yang sudah mendukung Fitur VPN, salah satunya MikroTik. MikroTik membuat 4 Fitur VPN yaitu PPTP, L2TP, SSTP, dan OpenVPN. dan pada artikel kali ini saya akan memanfaat PPTP Server MikroTik dengan menggunakan Android sebagai client.


Tutorial VPN PPTP MikroTik



Pastikan kalian sudah mengaktifkan IP Cloud pada MikroTik pada bagian IP -> Cloud


Kemudian masuk ke PPP, pilih PPTP Server lalu centang Enabled untuk mengaktifkan fitur PPTP Server pada MikroTik


Lalu pada Tab Secret tambahkan PPP Secret untuk username dan password client nantinya, untuk Profile tentu kita pilih pptp, untuk profile pilih default-encryption, pada Local Address akan menjadi IP VPN MikroTik sedangkan Remote Address merupakan IP VPN Client nantinya. Gunakan IP yang tidak dipakai oleh jaringan lain karena IP ini hanya untuk informasi Server-Client VPN saja.


Seperti yang sudah saya beri tau kalau Client yang kita gunakan adalah pengguna Android, tambahkan profile VPN dan sesuaikan dengan profile yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Server Address isi dengan IP Public MikroTik kalian.


Kemudian konek kan VPN nya.


Jika sudah terkoneksi, maka akan muncul informasi client yang terkoneksi menggunakan VPN pada tab Active Connection


Disini saya mencoba aplikasi Movin dimana harus terkoneksi dengan jaringan Ind*H*me, tetapi karena saya menggunakan VPN dimana, MikroTik saya terkoneksi dengan jaringan Ind*H*me, maka aplikasi Movin pun bisa digunakan walapun dengan jarak jauh xD


Disni saya juga melakukan test ping pada client jaringan Local ke Client VPN.


Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Peace xD

Share with your friends

Give us your opinion

Silahkan berkomentar dengan bijak :v

Notifikasi
#Stay_Safe yaa :)
Done