Minggu, 05 April 2020

...

Tips IP Cloud MikroTik bagi User IndiHome




Apakah kalian pernah mendengarkan kata IP Cloud? atau sudah pernah menggunakan sebelumnya? IP Cloud merupakan fitur pada MikroTik memberi yang DDNS secara gratis, dan pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang penggunaan IP Cloud MikroTik dengan provider IndiHome.

Pada dasarnya ketika kita tidak menggunakan ip cloud, maka ip publik indihome tersebut akan tersyncron pada router, dengan kata lain ketika kita mengakses ip publik kita sendiri secara otomatis akan masuk pada halaman login router atau bisa dibilang juga ip publik diambil ahli oleh router adminnya. Lalu bagaimana caranya agar RouterBoard dapat mengambil ahli ip publik tersebut?



Okay, sebelumnya kita masuk pada router admin dan tambahkan Forward Rules pada bagian DMZ Configuration, pilih host yang mengarah pada RouterBoard MikroTik. Rule ini berguna untuk ke amanan jaringan lokal ketika diakses dari luar.



Dan tambahkan juga Port Mapping untuk service winbox dan webfig agak bisa di akses (tergantung kebutuhan)

Tips IP Cloud Mikrotik dengan provider IndiHome



pada gambar diatas adalah contoh dimana mimin mengakses ip publik yang sudah sync dengan router admin.


Agar RouterBoard MikroTik mendapatkan akses ip publik IndiHome, Restart ONT dan tunggu sampai lampu LED Internet hidup.


Kemudian kita masuk ke Winbox dan pergi ke IP -> Cloud, kemudian centang DDNS Enabled dan Update Time. Lalu klik force update agar ip publik tersync dengan MikroTik.

Perlu di ingat, karna mimin berlangganan paket biasa 2P, dimana IP Publik dapat berganti-ganti, jadi mimin memberi internal waktu 5 menit pada Update Time agar RouterBoard mendapatkan pembaruan IP publik secara berkala.


Jika sudah, kita dapat mengakses IP publik atau DNS tersebut masuk ke webfig mikrotik dengan browser.


Atau juga, login pada Winbox

Lalu bagimana caranya agar kita dapat mengkases router admin walaupun ip publik sudah tersync oleh MikroTik? Hal tersebut dapat kita lakukan dengan melakukan VPN pada MikroTik yang akan kita bahas di next artikel.

[Tambahan]
Jika tidak ingin ip publik berganti-ganti, kalian bisa berlangganan paket yang memiliki ip publik tetap pada provider kalian masing-masing :)


Sekian artikel dari mimin, semoga bermanfaat. Peace xD

Load comments

Silahkan berkomentar dengan bijak :v
EmoticonEmoticon